Belajar bahasa Inggris Online Vs Offline

jasatutor.com – Teknologi baru dan pembelajaran online menarik lebih banyak orang daripada sebelumnya. Apakah untuk seorang profesional yang sibuk, atau siswa yang menghadapi banyak tenggat waktu, pembelajaran online dapat menarik sebagai carauntu k belajar dari kenyamanan lingkungan rumah kita.

ilustrasi belajar offline

Mengambil pelajaran bahasa dari dosen menggunakan alat online seperti google classroom, dapat berarti mendapatkan pelajaran satu lawan satu dengan harga yang lebih murah biaya. Hackman dan Walker seperti dikutip di (Mike Allen, 2002) mencatat bahwa teknologi dapatmempengaruhi hasil belajar.


(Tallent-Runnels, 2006) menyatakan bahwa kelas Online adalah mata kuliah yang disampaikan sepenuhnya di Internet. Pendidikan berbasis web menggunakan Internet dan komunikasi teknologi, mulai dari Internet sebagai alat penelitian untuk mengambil kelas online.

Dalam beberapa kasus,Internet juga digunakan untuk melengkapi instruksi, seperti dalam penggunaan situs web untuk berkomunikasi informasi kepada siswa yang berada di kelas tatap muka.

ilustrasi belajar online


Istilah pendidikan online juga digunakan untuk menggambarkan setiap kursus yang disampaikan kepada
siswa yang tidak hadir di ruangan yang sama. Ini mungkin dikirimkan melalui WhatsApp, online kursus, dan google classroom.

E-learning dapat digunakan untuk menggambarkan setiap pembelajaran yangdimediasi secara elektronik atau difasilitasi oleh perangkat lunak transaksi Zemsky & Massy dikutip di
(Talent-Runnels, 2006).

(Mike Allen, 2002) mengatakan bahwa beberapa orang mungkin lebih memilih pilihan pembelajaran jarak jauh karena:
keuntungan tertentu yang disediakan oleh kelas virtual atau jarak jauh. Siswa berpartisipasi dalamkelas online interaktif menunjukkan kepuasan dengan pengalaman teknologi saat itu bekerja dengan baik dan tidak menghalangi transfer saluran.

Siswa mungkin menolak penggunaanteknologi untuk beberapa alasan ‘teknologi tampaknya lebih cenderung rusak, siswa mungkin may tidak terbiasa bekerja dengan mesin, dan siswa mungkin merasa bahwa pengalaman yang dimediasi tidak dapatsepenuhnya menggantikan ruang kelas hidup.


Kemahiran guru dalam bahasa lisan sebagai model bagi siswa di kelas telah menjadimasalah penting dalam pembelajaran bahasa. Nations (2003) menyatakan bahwa belajar bahasa Inggris dalam konteks bahasa asing dan bahasa kedua yang seimbang adalah melalui empat untaian (1) berfokus padainput (mendengarkan dan membaca), (2) fokus pada output (berbicara dan menulis), (3) bahasapembelajaran terfokus (perhatian pada fitur bahasa) dan (4) pengembangan kefasihan (bekerja denganbahan yang diketahui).

Dia lebih lanjut berpendapat bahwa ketika pelajar berbicara dalam bahasa yang sama di kelas,penggunaan bahasa pertama bisa lebih alami dan lebih efektif secara komunikatif.(Sullivan, 2011) menyatakan bahwa kemampuan lisan guru dalam bahasa target merupakan faktor yang signifikanbaik dalam keefektifan mengajar maupun belajar siswa. Setidaknya bahasa kelas gurumelibatkan memberi tahu kelas apa yang harus dilakukan, mengendalikan perilaku dan menjelaskan kegiatan (Nation,2003).

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Jilid 3 Nomor 1 2020-
21 Bahasa Asing Inggris (EFL)(EFL) Williams & Burden (1997) berpendapat bahwa belajar bahasa asing tidak hanya
mempelajari keterampilan, aturan, atau tata bahasa; melibatkan citra diri, perilaku budaya dan cara menjadi yang berdampak pada sifat sosial pelajar.

Pengajaran bahasa Inggris dibutuhkan oleh siswa untuk memaksimalkan paparan bahasaBliuc, sebagaimana dikutip di (Wright, 2017) menyatakan bahwa penelitian blended learning perlu fokus padasifat bagaimana mengintegrasikan mode pembelajaran seperti tatap muka dan online dan mempertimbangkankualitas pengalaman belajar siswa.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: buktikan apakah pembelajaran di kelas online (e-learning) lebih efektif daripada kelas offline pembelajaran (tatap muka) atau sebaliknya

sumber :

English Language Education Study Program, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
Volume 3 Number 1 2020

Fiqhi Liesdistiana Damayanti
Universitas Ibnu Khaldun Bogor
damayantifiqhi3@gmail.com
Nurul Rachmah
Universitas Ibnu Khaldun Bogor
nurul97rohmah@gmail.com

Open chat